Mengatakan Goodbye Untuk Bunuh Diri Alan Vega, Benar Amerika Asli

kontak perkasa futuresKontak Perkasa Futures – Dia adalah seorang Puerto Rico Charles Bronson dalam Death punk rock nyata Berharap pembuatan musik yang indah New York seni.

Aku tidak pernah ingin bertemu Alan Vega. Bahkan, aku pergi keluar dari cara untuk menghindari bertemu dengannya selama aku bisa. Dan itu bukan karena saya tidak suka musiknya. Itu karena dia takut sih keluar dari saya.
Ini dimulai dengan Frankie Teardrop dari album Suicide pertama. Itu adalah malam musim dingin tahun 1977 dan sebuah stasiun radio kampus di Philly sedang bermain lagu. Itu mungkin sepotong aneh musik yang pernah saya dengar. Midway melalui lagu, penyiar datang di udara dan mengatakan bahwa seseorang telah disebut stasiun dan memohon dia untuk mengambil catatan off. Dan karena orang tersebut terdengar tulus terganggu, dia lakukan. Keesokan harinya aku pergi ke toko kaset dan membeli album.
The Suicide LP pertama mungkin yang terbaik album debut pernah. Masih terdengar dari waktu ke depan. Dengan mesin drum hanya, keyboard dan vokal itu elektronik tapi tidak Jerman atau terdengar Eropa. Itu Amerika rock ‘n roll dengan Alan bernyanyi seperti Elvis berhantu atau Gene Vincent. Ghost Rider, memimpin-off track, kini dianggap sebagai klasik. Aku melihat Gories tampil di L.A. malam itu, dan aku membayangkan band di seluruh dunia sedang bermain setiap malam-jenis seperti Johnny B. Goode.
Tidak terlalu lama setelah saya membeli album pertama aku pergi untuk melihat mereka tampil di klub dan mereka membersihkan ruangan. Itu gila. Mereka adalah tindakan paling keras yang pernah saya lihat (bahkan tanpa gitar atau drum!) Dan Alan menyerang anggota audiens dengan berdiri mikrofon. Dia tampak benar-benar memiliki-seperti Puerto Rico Charles Bronson dalam punk rock versi musik surealis dari Death Wish. Itu benar-benar menakutkan. Ketika acara usai seorang teman yang bekerja di klub bertanya apakah saya ingin pergi ke belakang panggung dan bertemu band dan aku berkata, “Tidak! Tidak sekarang! Tidak pernah!”
Beberapa tahun kemudian teman menyeret saya dengan kerah dan memperkenalkan saya ke Alan di sebuah klub di New York dan dia benar-benar baik-kejutan total. Dia bertanya apa yang saya lakukan dan saya mengatakan kepadanya bahwa saya menulis lagu dan dia menuliskan alamatnya pada bar serbet dan mengatakan kepada saya untuk mengirimkan kaset. Saya lakukan dan dia menelepon saya di rumah dan mengatakan bahwa dia pikir lagu yang besar dan bahwa saya harus berhenti dari pekerjaan saya. Sejak saat itu ia menjadi mentor yang hebat. Dia bahkan mencoba untuk meyakinkan Ric Ocasek untuk menghasilkan saya pada satu titik.
Juke Box Bayi adalah lagu rockabilly yang modern Alan dirilis sebagai potongan pertama dari album solo pertamanya pada tahun 1980. Ini adalah rekaman klasik dan besar di Eropa. Masih adalah, sebenarnya. Ketika saya pertama kali bertemu Alex Chilton kita terikat atas cinta kita bersama untuk lagu itu. Dia tidak bisa percaya aku tahu Alan pribadi. Dia praktis berbintang melanda.
Alan dan saya tinggal di kontak selama bertahun-tahun dan saya selalu mengatakan kepadanya saya pikir kita harus memotong album malam musik blues larut beberapa titik. Dia menyukai gagasan itu dan akhirnya pada tahun 1994 kami memesan waktu di sebuah studio di NYC untuk melakukan hal itu. Itu adalah pertama kalinya saya melihat proses kreatif Alan dekat. Butuh beberapa penyesuaian!
Kedekatan itu semua ia tertarik. Saya mencoba untuk membahas proyek dengan dia tapi dia akan menolak dan berkata “Aku tidak ingin tahu.” Dia tidak ingin tahu musisi apa yang saya membawa atau apa lagu kami akan melakukan. Saya sebutkan ini untuk Alex dan dia pikir itu hebat dan bertanya apakah ia bisa menjadi bagian dari itu. Aku berkata yakin tapi aku tidak memberitahu Alan sampai menit terakhir karena saya pikir mungkin menciptakan harapan dan Alan bersikeras kami memiliki nol harapan.
Ketika kami bertiga mulai merekam, Alan mulai bernyanyi dari atas kepalanya dan hal-hal yang keluar luar biasa. Rentetan lirik improvisasi mencengangkan. Anda bisa memilih melalui mereka dan setiap baris ketiga adalah seluruh pemikiran Anda bisa berpikir tentang selama sisa hidup Anda. hal yang menakjubkan. Anda tahu Anda berada di tengah-tengah dari seni yang mungkin dengan Alan dan bahwa sesuatu akan terjadi tapi Anda tidak tahu apa itu. Anda tidak pernah bisa mengantisipasi apa yang di tikungan dengan cowok itu.
Alex dan aku punya bola mencoba untuk bersaing dengan dia dan bermain bersama untuk bernyanyi adalah pengalaman yang benar-benar unik. Suaranya seperti saksofon atau terompet. Popularitasnya di Eropa didasarkan pada itu, karena banyak penggemar musik di sana tidak berbicara bahasa Inggris dan yang tidak pernah menjadi kendala baginya. Suaranya memiliki suara sendiri dan mereka mencintainya untuk itu.
Hasil dari sesi itu Kubisme Blues, yang keluar dua tahun kemudian dan baru-baru ini diterbitkan kembali pada Cahaya In The Attic Records. Kami hanya melakukan dua konser bersama setelah album, pertama di New York Mercury Lounge, di mana Alan merobek ke dalam bahan dan menyanyikan satu set baru dari lirik, dan kemudian di Perancis, di mana ia benar-benar terkenal. Alex dan saya tidak menyadari bahwa Alan dan penulis musik Perancis memiliki sejarah panjang membenci satu sama lain, dan setelah kinerja itu sepenuhnya pada pada konferensi pers, yang kinerja sendiri. Pada satu titik wartawan berdiri dan bertanya: “! Aku menuntut tes darah” “? Bagaimana rasanya menjadi ayah dari techno” yang Alan berkata,
Dia menuduh pers Perancis tidak memahami musik Suicide ini. “Anda pikir itu semua didasarkan pada satu chord tapi tidak. Ini didasarkan pada satu catatan. Dan itu bahkan tidak catatan! ”
Dia benar asli. Saya tahu orang-orang menggunakan istilah yang banyak ketika mereka memuliakan seorang seniman tapi Alan Vega benar-benar. Dua Alan Vegas akan terlalu banyak. Ada lebih dari cukup terjadi di bahwa satu orang dan dia adalah satu-satunya orang yang memiliki itu, bahwa hal tertentu yang dia punya.
Dia adalah seorang seniman New York klasik dan hubungan antara Warhol dan hippies dan punk rock. Dia lebih tua dari orang lain di scene punk New York dengan 15 atau 20 tahun (dia hampir 40 ketika album pertama Suicide ini keluar) dan semacam beatnik-artis veteran, orang yang hidup melalui banyak bab bohemia Amerika. Dia semacam seperti John Cassvettes di bahwa risiko dia mengambil agar tetap nyata dan otentik menyebabkan dia memiliki popularitas kultus sebagai lawan popularitas mainstream. Dia tidak bisa tidak peduli. Dia adalah semua tentang proses.
Aku sangat beruntung memiliki kesempatan untuk menjadi dekat dengan dia dan energinya. Dia seperti kucing liar dan saya bangga bahwa dia mempercayai saya sebagai produser rekaman. Ketika panas itu, ia tinggal dekat dan tidak mundur.
Rekaman terbaru yang saya lakukan dengan Alan terjadi di NYC sedikit lebih dari setahun yang lalu dan aku tidak bisa percaya betapa api dia di dia di akhir 70-an nya. Dia disulap lirik dan suara lebih cepat dari yang kita bisa menjaga. Dia sangat senang dengan apa yang kita memotong dan bersemangat tentang mendapatkan musik di luar sana; Saya menyesal dia tidak akan berada di sana untuk pembebasan sesi ini.
Seseorang pernah berkata (saya pikir itu Leonard Cohen), “Seni bukan pilihan. Ini adalah hukuman seumur hidup. “Jika itu benar, maka Alan tinggal hukumannya dan kemudian beberapa.
Itu bagus berkolaborasi dengan dia dan menjadi temannya adalah lebih baik. Untuk mengatakan bahwa saya akan kehilangan dia adalah meremehkan.

Tinggalkan Balasan

